Site Network: Home | About | About | About

Memori Generasi Baru

NVRAM (Non-Volatile Random Access Memory) merupakan sebuah jenis memori komputer dengan akses acak (RAM) yang umumnya digunakan untuk menyimpan konfigurasi yang dilakukan oleh firmware, seperti BIOS, EFI atau firmware-firmware lainnya pada perangkat embedded, semacam router. Umumnya, NVRAM dibuat dengan teknologi manufaktur CMOS (Complimentary Metal-Oxide Semiconductor) sehingga daya yang dibutuhkannya juga kecil. Untuk menghidupinya agar data yang disimpan tidak hilang, NVRAM menggunakan sebuah baterai Litium dengan nomor seri CR-2032.

Data yang tersimpan pada NVRAM tidak akan hilang meskipun catu daya dimatikan (bersifat permanen), hal ini berbeda dengan Voletile RAM.

Samsung Memperkenalkan Generasi Baru Memori Non-Volatile: PRAM


Salah satu produsen semikonduktor mutakhir terkemuka, telah berhasil menyelesaikan prototipe pertama dari perangkat modul memori terbarunya, yaitu Phase-change Random Access Memory (PRAM). Modul ini diharapkan akan mengganti NOR flash pada rentang waktu 10 tahun ke depan.

Dengan skalabilitas yang lebih dibandingkan dengan arsitektur memori biasa, PRAM memiliki kecepatan pemrosesan yang setara dengan RAM dari segi operasinya dikombinasikan dengan feature non-volatile dari memori flash dari segi penyimpanan. Julukan untuk PRAM: Perfect RAM.

Kelebihan utama dari PRAM ini adalah performanya yang sangat cepat. Hal ini dapat tercapai karena PRAM dapat menulis ulang data tanpa perlu menghapus data yang telah terakumulasi sebelumnya di dalam memori. Menurut klaim Samsung, PRAM dapat berjalan 30 kali lebih cepat dibandingkan memori flash konvensional. PRAM sangat kuat dan diestimasi dapat bertahan hingga 10 kali usia dari memori flash biasa.

PRAM akan menjadi pilihan kompetitif terhadap NOR flash.NOR/Not Or Flash merupakan
teknologi lama yang memungkinkan data diakses secara acak (random) dari tempatnya. NOR juga mengakses data dalam potongan kecil (byte-per-byte). NOR Flash umumnya digunakan sebagai chip internal memory Handphone, PDA, BIOS Motherboard atau Memory Networking. PRAM akan tersedia di pasaran sekitar tahun 2008. Disain ukuran sel dari PRAM dibuat sebesar setengah dari ukuran NOR flash.

PRAM dikembangkan dengan mengunakan diode vertika dengan struktur transistor tiga dimensi yang biasa digunakan dalam pembuatan DRAM. PRAM ini memiliki ukuran sel sebesar 0,0467 um2 yang bebas dari noise antar cell, sehingga memungkinkan skalabilitas yang luas.

Adopsi dari teknologi PRAM ini diharapkan akan populer pada disain produk seperti handset dan aplikasi mobile lainnya, dimana kecepatan adalah faktor penting dalam memaksimalkan performa. Versi High-density dari PRAM akan diproduksi pertama kali dengan kapasitas sebesar 512Mb.

PRAM dapat menawarkan kinerja yang jauh lebih tinggi pada aplikasi di mana menulis dengan cepat adalah penting, baik karena unsur memori dapat diaktifkan lebih cepat, dan juga karena bit tunggal dapat berubah untuk baik 1 atau 0 tanpa perlu menghapus terlebih dahulu seluruh blok sel. PRAM kinerja tinggi, ribuan kali lebih cepat daripada hard drive konvensional, membuatnya sangat menarik dalam memori Baterai peran yang saat ini kinerja-dibatasi oleh waktu akses memori.

Kepekaan suhu PRAM mungkin adalah kekurangan yang paling menonjol, salah satu yang mungkin memerlukan perubahan dalam proses produksi manufaktur menggabungkan teknologi.

Sebuah perangkat PRAM dapat bertahan sekitar 100 juta menulis siklus. [3] PRAM seumur hidup dibatasi oleh mekanisme seperti degradasi akibat ekspansi termal GST selama pemrograman, logam (dan bahan lain) migrasi, dan mekanisme lainnya masih belum diketahui.

Sumber :

· http://www.chip.co.id/

· http://www.google.com

· http://en.wikipedia.org/wiki/Phase-change_memory

0 Comments:

Posting Komentar

EBOOK GRATIS